Halaman

Minggu, 24 Februari 2013

Corporate Social responsibility sebagai jawaban


Desakan yang semakin tinggi dari masyarakat agar korporasi tidak hanya berorientasi profit tetapi juga peduli akan kondisi masyarakat sekitarnya akan memberikan jaminan kelangsungan usaha untuk terus berkembang.
Dan secara bersama-sama dengan masyarakat sekitar membangun community development, yang saling menguntungkan, bagi korporasi sendiri. Image sebagai perusahaan yang ramah lingkungan serta mempunyai empati yang tinggi terhadap masyarakat akan memberikan kemudahan-kemudahan dalam mengembangkan perusahaannya dan dapat membentuk corporate suistanable development, bagi masyarakat yang ada disekitarnya manfaat dirasakan adalah mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pekerjaan, pelayanan kesehatan yang murah serta beasiswa bagi anak-anak yang berprestasi tapi kurang mampu dilingkungan tersebut.
Filosofi bisnis yang menggunakan pola lama dengan mengejar profit semata perlu ditinggalkan.
Ketidak tegaan yang diperlihatkan yayasan dana pensiun Swedia untuk menarik semua saham yang disimpannya diperusahaan PT. Freeport Mc Moran perlu mendapat apresiasi yang tinggi, akibat penambangan yang dilakukan oleh PT Freeport di tanah Papua yang dinilai mereka telah merusak ekosistem hutan. Perlu disadari bahwa eskalasi kompetitif yang cendrung tinggi merupakan pertarungan pembentukan dan pejagaan image di mata konsumen dan masyarakat. Bila kaidah-kaidah Corporate Social Respinsibility selalu dilanggar oleh korporate yang beroperasi di lingkungan masyarakat, diyakini akan membentuk resistensi didalam masyarakat dan lambat laun perusahaan itu akan hilang dengan sendiri
Di Indonesia,perusahaan yang membangun Corporate Social Responsibility(CSR) diharapkan akan terus berkembang, sejalan dengan kesadaran yang tumbuh antara pemilik perusahaan dan masyarakat.
Perusahaan-perusahaan seperti PT HM Sampoerna telah memberikan beasiswa dari SD sampai S2 kepada anak-anak bangsa yang berprestasi dan disekolahkan keluar negeri lewat yayasan Sampoerna Foundation. PT CocaCola pun melakukan hal sama dengan berbagai aktivitas seperti pendidikan, bantuan infrastruktur masyarakat, kebudayaan, kepemudaan, kesehatan, serta bantuan bagi korban bencana alam. Perusahaan BUMN seperti Pertamina, Telkom dan Semen Tonasa tidak tinggal diam. Karena mereka tahu, mereka tidak akan berkembang tanpa dukungan masyarakat. Bagaimana dengan perusahaan lainnya ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar