Laman

Senin, 15 Oktober 2012

SELURUH PARA NABI BERAGAMA ISLAM

NABI ISA DAN SELURUH PARA NABI """TERNYATA BERGAMA ISLAM"" 

Islam Muncul semenjak ALLAH SWT menurunkan MANUSIA (ADAM) ke muka bumi, maka Islam juga sudah diturunkan ALLAH SWT. Allah SWT mengutus para nabi sebanyak 124000 orang 25 orang nabi dan rasul serta 4 orang yang diberi kitab suci (ulul azmi). Semenjak Nabi Adam di ciptakan dan di jadikan sebagai Nabi dan Rasul, telah diwahyukan jalan keselamatan (Islam), dalam bentuk wahyu baik berupa suhuf, maupun kitab: Dikatakan Islam jika memenuhi syarat sebagai berikut:

1. Memiliki Satu Tuhan yaitu Allah SWT tidak beranak dan tidak diperanakan dan tidak ada yang menyerupainya.
2.Beriman kepada Malaikat
3. Beriman kepada para Nabi dan Rasul
4. Beriman kepada Kitab-kitab Allah
5. Beriman kepada Takdir baik dan buruk
6. Beriman kepada adanya hari kiamat

KATA ISLAM berasal dari bahasa arab (isim masdar) yaitu: Aslama, Yuslimu yang artinya: Keselamatan/Jalan Keselamatan. Sedangkan orang Islam dinamakan MUSLI yang artinya: ORANG YANG BERSERAH DIRI.

Seorang manusia di katakan Islam/Muslim jika:
= Mengakui Allah sebagai TUHAN YANG ESA
= Melaksanakan hokum syari’at ALLAH SWT.
= Memiliki aturan tata pergaulan (Muamalah) yang sangat baik yang bersumber dari kitab atau ajaran Allah

Disini saya bicara konsep ajaran dari agama terdahulu (Agama nya Musa dan Isa) yang meliputi : TAUHID (Ketuhanan), Syari'at (hukum), Muamalah (pergaulan).


TAUHID:

ISA:
mengajarkan Tuhan itu satu: Lihat Markus 12:29

MUSA

Mengajarkan Tuhan itu satu: Ulangan 6:4
Kel 20:4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

SYARI'AT:

Musa Mengajarkan hukum sbb:
Ulangan 21:23-25: Tetapi jika perempuan itu mendapat kecelakaan yang membawa maut, maka engkau harus memberikan nyawa ganti nyawa, mata ganti mata, gigi ganti gigi, tangan ganti tangan, kaki ganti kaki, lecur ganti lecur, luka ganti luka, bengkak ganti bengkak.

Imamat 10:9 "Janganlah engkau minum anggur atau minuman keras, engkau serta anak-anakmu, bila kamu masuk ke dalam Kemah Pertemuan, supaya jangan kamu mati. Itulah suatu ketetapan untuk selamanya bagi kamu turun-temurun


Bilangan 6:3 maka haruslah ia menjauhkan dirinya dari anggur dan minuman yang memabukkan, jangan meminum cuka anggur atau cuka minuman yang memabukkan dan jangan meminum sesuatu minuman yang dibuat dari buah anggur, dan jangan memakan buah anggur, baik yang segar maupun yang kering


Imamat 10:10 Haruslah kamu dapat membedakan antara yang kudus dengan yang tidak kudus, antara yang najis dengan yang tidak najis,


Imamat 11:7 Dan juga babi memang berkuku belah tapi tidak memamah biak, maka haram bagimu.


10 PERINTAH ALLAH:

Keluaran 20:7-17 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan. Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu. Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya. Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu. Jangan membunuh. Jangan berzinah. Jangan mencuri. Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
20:17 Jangan mengingini rumah sesamamu; jangan mengingini isterinya, atau hambanya laki-laki, atau hambanya perempuan, atau lembunya atau keledainya, atau apa pun yang dipunyai sesamamu."

HUKUM/SYARIAT ISA/YESUS:


(MELAKSANAKAN SEMUA HUKUM TAURAT)

Mt 5:17 "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

Mat 5:29-30 Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.


MUAMALAH (PERGAULAN/JUAL BELI)

MUSA:

Yesaya 1

1:17 belajarlah berbuat baik; usahakanlah keadilan, kendalikanlah orang kejam; belalah hak anak-anak yatim, perjuangkanlah perkara janda-janda!

YESUS:

I Korintus 15
15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

MUHAMMAD/ISLAM:


TAUHID:

QS. AL-IKHLAS ayat 1 sampai 4:
(1) Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa,
(2) Allah tempat bergantung segala sesuatu
(3) Dia tidak beranak
(4) dan tidak diperanakkan.

SYARI'AT:

QS. Al-Maidah 45:
Dan kami telah tetapkan terhadap mereka di dalamnya (At Taurat) bahwasanya jiwa (dibalas) dengan jiwa, mata dengan mata, hidung dengan hidung, telinga dengan telinga, gigi dengan gigi, dan luka-luka (pun) ada kisasnya. Barang siapa yang melepaskan (hak kisas) nya, maka melepaskan hak itu (menjadi) penebus dosa baginya. Barang siapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang dzalim.

QS. Al-Baqoroh 173:

Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barang siapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

QS. Al-Isra 32:

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.

QS. Al-Maidah 38:

Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

QS. An-Nisa 39: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.


MUAMALAH

QS. AL-Baqoroh 195:
Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

di Copy dari Bang Sumin 

http://www.facebook.com/groups/111362088915031/permalink/449138565137380/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar